iklan kumpulblogger

Kamis, 09 April 2015

Motor Yamaha Mio Soul GT Sering Mati Mendadak

                 Hallo sobat apa kabar nih?  semoga selalu dalam lindungan Alloh SWT. Amiiinn....
       Kali ini saya akan share pengalaman pribadi saya yang beberapa minggu kemarin motor kesayangan saya Yamaha Mio Soul GT selalu bermasalah ketika saya bawa berkendara.Masalah motor saya yaitu selalu mati mendadak atau mati sendiri. Karena masalah ini sayapun menjadi tidak nyaman dalam berkendara karena motor sering mati.Bahkan pernah suatu waktu ketika penyakitnya kumat,motor saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa hidup kembali. sekitar 1 jam baru motor saya bisa hidup kembali.

        Awalnya saya biasa saja dengan masalah ini.Tapi lama-lama saya menjadi tidak nyaman karena penyakitnya motor saya ini sudah keterlaluan.Tiap saya lepas gas,eh motor langsung mati.karena ketidaknyamanan ini,maka saya memutuskan untuk membawa motor kesayangan ini ke bengkel resmi Yamaha. Setelah si periksa oleh mekaniknya,ternyata langsamnya normal.Karena perkiraan saya langsamnya yang bermasalah.Kemudian mekaniknya memberitahu kalau busi nya sudah jelek.Saya putuskan untuk mengganti businya dengan yang baru.Tak berapa lama mekanik memberi tahu saya kalau filter udaranya sudah kotor dan harus di ganti.Mekanik bilang bahwa yang menyebabkan mootor saya sering mati adalah filter udaranya yang sudah jelek karena sudah sangat kotor.

        Karena filter udara untuk Yamaha Mio Soul GT adalah filter udara tipe basah,maka terpaksa harua saya ganti karena tidak bisa di bersihkan dengan disemprot oleh angin.Berbeda dengan filter udara tipe kering yang apabila kotor bisa dibersihkan dengan di semprot oleh angin.Singkat cerita, setelah semuanya beres, saya membawa motor saya pulang dan berharap penyakit motor saya ini tidak kambuh lagi.Dan ternyata apa yang saya harapkan tidak terjadi.Selang beberapa hari setelah motor saya keluar dari bengkel,penyakit motor saya kambuh lagi sama seperti waktu sebelum di bawa ke bengkel.

        Waktu itu saya tidak langsung membawanya ke bengkel,maklum sebagai karyawan swasta waktu itu dompet saya sedang tipis-tipisnya.Setelah menunggu waktu sebulan saya bawa lagi ke bengkel dengan komplein masalah yang sama yaitu motor sering mati mendadak. Saya juga memberitahu mekaniknya kalau sebulan yang lalu motor saya ini pernah di service di bengkel yang sama dengan masalah yang sama.Busi sama filter udaranya pun sudah di ganti dengan yang baru,tapi penyakitnya belum sembuh juga.

         Setelah saya berbicara dengan mekaniknya,mulailah si mekanik memeriksa motor saya.Kemudian meksnik itu bilang kalau injeksinya sudah sangat kotor dan harus di bersihkan dengan alat khusus namanya injector cleaner,dan dikenakan biaya tambahan sebesar 15 ribu.Setelah selesai dibersihkan dan di pasang kembali saya mendengar kalo suara langsam motor saya sudah normal.Berbeda dengan yang sebelum injeksinya dibersihkan,terdengar suara langsam motor saya ini sangat lemah seperti mau mati.

         Setelah service dinyatakan selesai saya pun langsung membawa motor saya pulang sambil ngetes motor saya yang baru di service.Dan alhasil, untuk service yang sekarang saya merasa puas sekali karena penyakit motor saya sudah sembuh total dan sampai sekarang belum kambuh lagi..Bahkan saya merasakan motor saya ini seperti baru keluar dari dealer.hehehe..

          Baiklah sobat,mungkin sampai di sini dulu saya berbagi pengalaman dengan motor Mio GT saya dan penyakitnya.Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang mempunyai masalah yang sama dengan motor Mio Soul GT. Terma kasih.....


Baca juga : - cara membuat blog dengan mudah
                  - tips dapat uang dari blog
                  - cari uang di internet dengan mudah dan gak ribet

72 komentar:

  1. waaah.. sama nih kayaknya.. thanks atas sharingnya gan..

    BalasHapus
  2. waaah.. sama nih kayaknya.. thanks atas sharingnya gan..

    BalasHapus
  3. Terima kasih sobat buat sharingnya!!

    BalasHapus
  4. sama..... thanks informasinya

    BalasHapus
  5. Sama nih om penyakit kita. bedanya kalo ane setiap nyari top speed lalu ditarik diatas 100km/h gasnya gabisa lagi(spt motor kopling yang ditarik koplingnya) btw thx infonya om bermanfaat banget

    BalasHapus
  6. iya gan penyakitnya sama persis , thanks info nya salam SOUL GT

    BalasHapus
  7. kejadian ane sama, kemarin bawa ke beres Yamaha, disuruh ganti fuel pump sama injector tanpa cek pke tools... total lebih dari 700rb, akhirnya ane tarik cari info dulu. Mudah2an besok mau ke Beres yamaha yg lain biar dibersihin dulu injectornya.. makasih banget om informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor gue juga abis diservis dan ada juga onderdil yg ganti baru, baru keluar bengkel seminggu trus tiba2 mati mendadak sampe sekarang belum saya bawa ke bengkel karena takut rusak lagi maklum bukan orang mampu, sambil mencari inti yg rusak searching di google nemu ini..jadi ketakutan saya jadi berkurang karena mungkin bisa jadi masalah mio soul gt mungkin hampir sama...karena takutnya buang2 duit kalo rusak terus padahal udah banyak yg diganti

      Hapus
  8. Sama banget gan pnyakit nya kyk soul ane. Thanks info nya gan

    BalasHapus
  9. Sama saya juga. Sekarang sy lag dibengkel yamaha utk perbaikan penyakit ini.... mudah2 bisa sembuh total....

    BalasHapus
  10. Sama saya juga. Sekarang sy lag dibengkel yamaha utk perbaikan penyakit ini.... mudah2 bisa sembuh total....

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. tipu...
    aku aja msih mati2....kw blng mesin injector ny yg kotor. .
    klo injector kotor krta gk bsa sma skali hidup.....
    tpi klo tiba tiba mati mendadak itu kompres oli nya gk naik....
    bnyak x crta mu tipu2....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak menipu itu, pas aja masalah injektornya boss, kalo awam soal sistem injeksi, cukup mantau.. segala kemungkinan kerusakan dicek dulu dari awal, kalau langsung ganti itu bukan servis namanya, mati mendadak bisa busi klilipan, fuelpump lembek, filter fuelpump kotor, kabel ada yg konslet dan ratusan masalah injeksi lainnya.

      Hapus
    2. Kompres oli gak naik? Naik kmn bro? Ke sepion atw ke lampu sen. Kompres oli apa tuh? Jelasin dong. Jgn bilang cerita tipu2 .

      Hapus
    3. Biasanya ditembak oli dulu dr tempat businya.. sementara hidup lg. Nanti kalo kepanasan macet lagi..

      Hapus
  13. penyakit motor sy juga kayak gitu,,,,,tiba2 saja mati di tengah jalan,,

    BalasHapus
  14. saya punya motor GT Soul...tiba mati mendadak, dan di spedometer lampu warna kuning kedap kedip trus...akhirnya motor mati total..gak bisa di sela ato di starter...sy bawa ke beres yamaha pas di cek...kiprok dan spulnya dah harus diganti...yah udah sy ganti...motor jalan lagi sampe 3 bulan...eh setelah itu kambuh lagi...sy bawa ke bengkel biasa krn kantong lg pas-pasan..ktnya aki soak..ya udah sy bel mer yuasa akinya..setelah ok sy ajak jalan topcer...eh selang 1 bulan mogok total sy bawa lg ke bengkel..ktnya saringan udara harus diganti, kiproknya juga....setelah itu sy pake lagi bisa jalan cuma sehari...sampe sekarang masih di rumah mogok total..tarik kabel cek kabel sudah dicek...smua serba diganti spraepartnya tapi masih mogok...kira - kira apa yah penyakitnya sob...mhon bantuannya dong mks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek injeksinya mas.
      Puxaku ganti injeksi.skrg gak lagi

      Hapus
  15. Motor Ane All New Soul Gt baru 1 bulan tapi udah 2x ngalamin mati mesin mendadak & tenaga ngedrop, yang pertama sih beres di bagian CVT kata mekaniknya, yang ke-2 ga tau nih klo digas tersendat sendat, belum dibawa ke bengkel, udah ada yang pernah ngalamin hal sama seperti ane gak ya.
    Mohon pencerahan nya agan semua.

    BalasHapus
  16. Sma ni gua juga boos... Ni lgi di oprek di bengkeeeel

    BalasHapus
  17. Gara gara masuk lubang, terus di gas tersendat sendat

    BalasHapus
  18. Waduh kalo gitu ga ada solusinya dong....motor ane juga sama kaya gitu kalo mesin panas mati mendadak

    BalasHapus
  19. Waduh kalo gitu ga ada solusinya dong....motor ane juga sama kaya gitu kalo mesin panas mati mendadak

    BalasHapus
  20. Waduh kalo gitu ga ada solusinya dong....motor ane juga sama kaya gitu kalo mesin panas mati mendadak

    BalasHapus
  21. Soul gt saya klo lewat jalan rusak tiba tiba mati atau abis buka gas poll di lepas pas mau di gas lagi cuma nembak nembak doang lalu mati

    BalasHapus
  22. Bang nmpng tnya.mtor aku soul perna kehabisan minyak.masla yang sakarang aku alami.minyaknya pull trus kalau di kasi nyla aku harus nungguin jarum kontrol minyak harus puul dlu.mnta solusinya.

    BalasHapus
  23. Nambain lg ya.kalau minyaknya cuman 2 atau 3 liter nyala si tapi aga lama

    BalasHapus
  24. Bang nmpng tnya.mtor aku soul perna kehabisan minyak.masla yang sakarang aku alami.minyaknya pull trus kalau di kasi nyla aku harus nungguin jarum kontrol minyak harus puul dlu.mnta solusinya.

    BalasHapus
  25. Wah ane soul gt 2017 lampu engine nya kadang suka idup ke bengkel bener sebentar bbrp minggu kemudian hidup lg sampe di bongkar cek elektrikel nya ga nemu masalah nya .... ( Yamaha mekar veteran bintaro)

    BalasHapus
  26. ya bro sama motor ane juga kalau di turunin gas suka mati , thank untuk sharing nya ,,,

    BalasHapus
  27. Numpang share,motor ane new soul GT.
    Penyakit awal kalo rpm sudah d atas pas ngerem dan rpm turun begitu gas d tarik lagi kaya yg ngempos atau mrebet gt,
    Stlh d bawa service ke dealer resmi d ganti filter udara dan d seting lagi...
    Ok hari itu memang sembuh penyakit nya, selang 2 hari penyakit nya kambuh lagi,dan yg aneh nya kalau bensin penuh sama sekali ga mrebet,tapi begitu ampere bensin ada d garis tengah atau 1/2 mrebet nya kumat lagi...
    Ada yg udah ngalamin hal kaya gni & nemu solusi nya blm yah?
    Klo sudah ada tolong dong d share ilmu nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama persis sama motor ku.ini lagi nyari juga apa msalah sbnrnya.

      Hapus
    2. fullpomp/saringan bensinnya nya kotor gan,, minta ganti

      Hapus
  28. Dan ini saya lagi dijalan dan mengalaminya.. Hadwewwww

    BalasHapus
  29. Biasa kaga gitu yamaha klo panas mati, motor baru 5 bulan dipakai bwt ngojek online...klo panas mati sendiri?!!!

    BalasHapus
  30. Sy jga sering gtu,, udh sering bgt bolak balik servis,, tpi msih trjadi hal yg sama. .. Tiap di bawa katanya normal,, udh ganti ini itu msih aja sama..

    BalasHapus
  31. Motor ane lg mogok,pas d bongkar fuel pump ny mesti di ganti,
    Stlh 4thn pemakaian skrng muali pd keluar kerusakan nya

    BalasHapus
  32. Ganti aja lah pake Yamaha RX King.. No problem

    BalasHapus
  33. Motor saya juga gitu, tidak kehabisan minyak tapi sampai ganti blok and seher, transmisi 3 tahun bearing hancur, com ster juga masala jalan oleng, kenapa ya shoul gt 125 komplikasi kerusakan tingkat tinggi. Hadeh

    BalasHapus
  34. Duhhh baca dari atas Ampe bawah blm ada ketemu solusi yg tepat, sayapun alami hal yg sama tanya bengkel resmi sana sini jawaban ngambang semua, akhirnya bawa bengkel biasa cuma buka busi ditembak oli tapi sifatnya ya sementara Minggu Dpn bln Dpn bisa kambuh lagi, saya tunggu info yg Laen lagi,thx share nya para sobat, salam sejahtera

    BalasHapus
  35. Kayanya ini bukan cuma penyakit motor soul gt tapi penyakit semua motor injeksi

    BalasHapus
  36. Sama gan motor ane mio soul gt 12 juga mati sendirinya....ane bawake bengkel sama bengkelnya buka susi trus kasi oli habis ntu bisa hidup.....selang tiga minggu mati lagi trus sibengkel buka busi kasih oli.....aku tanyain harus ganti ring seker ama rumahan seker.....

    BalasHapus
  37. Baca dari atas smp bawah solusinya ngambang, jd meragukan servis sm ganti spearpart, hadoooohh

    BalasHapus
  38. Sama q juga pake mio soul gt. Klo panas pasti mogok di stater gk ada kompresi & gk mau nyala.sudah mlai awal beli 1 bulan sudah seperti itu. Kapok gk beli prodak yamaha lagi produk gagal.klo sepeda motor mau di jual hrganya jatuh banget

    BalasHapus
  39. Sama nih kasusnya..mtr ane jg kalau di gas brebet tiba" mati..oh mio soul gt

    BalasHapus
  40. Iya sama persis kasusnya gan terima kasih infonya

    BalasHapus
  41. Sama kasusnya, buat kenceng terus tutup gas langsung pet, mati.. Yg penting jangan panik, berhenti coba starter kick, kalo blom mau tunggu mesin lebih dingin.. Kalo sdh di coba lagi, kalp masih blom mau coba tuntun motor rada jauh, sambil di starter listrik,.. Pertama coba blom mau, tuntun lagi coba lagi. Di kasus saya percobaan ke 3 starter mesin bisa hidup. 😀😀

    BalasHapus
  42. Itu fuel pump nya sudah lemah om,, kalo bensin ful dia ga mati,tp klo bensin sisa stengah kebawah pasti mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasusnya seperti ini , Cara atasinya gimana Sob ? Tolong didetailkan dung sama estimasi biayanya hheheee maklum karyawan biasa

      Hapus
    2. Fuel pump sama saringan sudah di ganti tp ttp aja gak ngaruh

      Hapus
  43. sama nih, rata2 masalahnya mati mendadak, di bengkel resmi juga solusinya ga tokcer, apalagi dibengkel biasa, ane belum nemu yg bisa bener2 perbaikin masalahnya

    BalasHapus
  44. Dari sekian banyak komentar dan sharing hal serupa, saya simpulkan bahwa design motor ini adalah Design yg GAGAL.
    TANTANGAN buat Yamaha untuk lebih piawai merelease seri dan desain baru.
    Makanya jml jualnta kalah Mulu oleh... Honda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang...sy punya 2 motor satu soul GT thn 2015 dan satu nya honda beat thn 2014. Honda beat selama sy pakai tdk ada maslah berarti hanya rutin servis dan ganti oli tiap 1500 km. Tp sebalik nya soul GT byk bener masalah ny, padahal servis ny rutin. Sy jd mikir knp honda bs leading krn mang teknologi ny bs selangkah lebih maju

      Hapus
  45. Barusan ane ngalamin lagi. Kebetulan ada bengkel resmi Yamaha 250 m dari tempat mogok.
    Diperiksa, di-diagnosa, jadi banyak penyakitnya. Saringan udara, vvt, kabel speedometer, alat yg semprotkan fuel, sampai lampu rem pun ikut2-an mati. Total: Rp.757 ribu (3-4-2019).
    Umur motor baru mau 5 th Juli 2019.
    Bangkrut dah.....
    Nggak suggest deh beli motor jenis ini.

    BalasHapus
  46. Gua bru saja ngalamin mingu lalu, baru jalan skitar 15 km dn melewati tanjakan, tiba2 mesin mati mendadak. Mujur ada bengkel dekat situ langsung diperiksa akinya terlebih dhulu, ternyata bagus stromx. Lanjut ke pemeriksaan busi, cuma sialx org bengkel tadi gegabah dan kurang hati2 membuka busi disaat mesin lagi panas, sehingga salah putar atau bagaimana sy gk perhatikan, businya berhasil dilepas, tapi tiba2 dia nyuruh saya lanjut ke bengkel di kampung seblah. Katax lebih lengkap peralatan kuncix dn sy ikuti saranx dgn mendorong motorku yg mogok tdi sejauh setengah kiloan. eh tau2x sama bengkel yg kedua katakan bahwa ada bagian kepala busix yg berderat tertinggal di dalam batok lubangx, karna busi yg baru tidak mau masuk ketika dipasang, dan betul saat dia senter kelihatan potongan itu jauh ke dalam. Trus yg bikin gua KaGET katax ini hrs turun mesin dgn biaya 350 ribu. busyet....krn butuh gua iyakan. Praktis nunggu sekitar 3 jam bru selesai mengambil potongan busi yg tertinggal tadi. setelah selesai diapsang busi baru, alhamdulillah hidup. Tapi rada2 kesal, tapi karena puasa jdi ditahan saja amarahnya. Itu pengalaman pertama sy pake Mio soul GT.....

    BalasHapus
  47. Sama shob penyakit motor saya jg mati mendadak di saat ber kendara sampe bosen nyeta teringat mulu

    BalasHapus
  48. System AIS di nonaktifkan..Insya Allah berhasil

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum gan, mau tanya kenapa soul gt ane setiap mencapai kecepatan 70-80km lampu indikator menyala tanpa kedip dan mati sendiri ketika kecepatan turun di 20km .. mohon pencerhannya gan, trimakasih, wasslamualaikum

    BalasHapus
  50. keterangan diatas betul pengalaman seperti motor saya yg di bengkel resmi dibersihin injector tapi cuma bertahan beberapa bulan saja setelah itu penyakitnya kambuh lagi, pengalaman waktu mogok ketemu sama seseorang dan diberi tips mengatasinya caranya bersihin busi pake amplas & pasang kembali lalu starter sambil buka tutup bensin begitu menyala tutup lagi & alhamdulillah sampai sekarang tidak mogok lagi

    BalasHapus
  51. motor saya soul gt 2013 pernah mati tiba2 di jalan sekitar 3x, di bawa ke servc Yamaha katanya benerin sekitar 800rb, tapi saya ga percaya begitu saja, saya ke bengkel langganan di daerah Bungur katanya itu biasanya ring seher yg sudah lemah, saya coba beli dan pasang, hasilnya benar tidak2 mati2 lagi, tapi sudah 2.5thn berjalan baru kemarin mati lagi di jalan 2x, mungkin ringnya sdh musti di ganti lagi

    BalasHapus
  52. Serupa dengan pengalaman saya dulu pakai Soul GT emblem timbul th 2014 generasi akhir. Mesin mati mendadak saat panass lebih dr batas toleransi. Karena ane sering top speed (ga nyampe 100kmh, mentok² cm 95kmh hahaha sedih). Akhirnya semua solusi diatas yg dishare rekan - rekan semua sudah dilalui, walhasil tetap stlh 6 bulan kembali mati. Abis banyak udah buat ni motor. Akhirnya 2019 dijual, ganti BeAT karbu 2011 krn nyerah pake Soul GT. Pdhl ane suka bgt modelnya yg garis lekuk² body nya tajam dan futuristis pada jamannya. Krn lebih bandel BeAT karbu jd lah direlakan. Itu pngalaman saya pake SoulGT115Fi

    BalasHapus